Pembayaran
Biaya ADM BBN Kendaraan Mobil Dan Motor Di Arahkan Kepada Bendahara Samsat
Polda Metro Jaya Jakarta Selatan,Alamat
Kantor Samsat:Jalan Jendral Sudirman No.Kav. 55, RT.5/RW.3, Senayan,
Kebayoran Baru, RT.5/RW.3, Senayan, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah
Khusus Ibukota Jakarta 12190.
Layanan
pengesahan Faktur Stnk Bpkb Kendaraan Baru Maupun Kendaraan Lama setiap tahun ,
pembayaran PKB dan SWDKLLJ yang tempat pelaksanaanya di sentra-sentra
perbelanjaan/pusat kegiatan masyarakat yang memungkinkan pemilik
kendaraan/wajib pajak melakukan transaksi sambil berbelanja/rekreasi.
Harap Pemilik Kendaraan
Menyelesaikan Biaya ADM Di Loket 3 Bagian Bendaharah Samsat Polda Metro
Jaya
BENDAHARA SAMSAT POLDA METRO JAYA:
BENDAHARA SAMSAT POLDA METRO JAYA:
IPTU. ADE PRASETYA. SIK
Samsat Outlet Melayani:
1
-Pengesahan STNK setiap tahun, Pembayaran PKB, SWDKLLJ bagi wajib pajak yang
berdomisili di Jabotabet.
2
-Kendaraan yang dilayani adalah kendaraan pribadi (bukan umum) baik roda 4
maupun roda 2.
3
-Sebelum Surat Stnk Bpkb Diterbitkan Diharapkan Pemilik Sah Menyelesaikan Biaya
ADM Sesuai Aturan Hukum
4
-Kendaran Baru Atau Lama Apabila Kendaraan Tersebut Keluar Daerah
Jabotabet,Maka Peilik Sah Wajib Mengambil/Mengurus Surat SPJK Serta
Menyelesaikan Biaya Spjk.
Persyaratan Pelayanan Samsat
Outlet:
1
-Identitas / Tanda jati diri Asli Pemohon/Pemilik yang sah,STNK Asli.
2
-Bukti Pelunasan PKB dan SWDKLL (SKPD telah divalidasi) tahun terakhir.
LOKET 1 SAMSAT
Pembayaran Biaya ADM:
1
-Pembayaran Ansuran Sesuai Aturan Undang Undang Yang Sudah Ditetapkan Pada
Kendaraan Mobil Dan Mobil Baru
2
-Pemilik Kendaraan Diwajibkan Menyelesaian Terlebih Dahulu Biaya Surat
(STNK,BPKB,FAKTUR) Sebelum Pihak Samsat Mengesahkan
3
-Dirlantas Polda Metro Jaya (Kombes Pol. Risyapudin Nursin.Sh.Msi) dalam
laporannya menyampaikan bahwa memberikan pelayanan harus Care, Empati dan
proaktif membantu masyarakat yang akan memenuhi kewajiban.
4
-Pelayanan merupakan kebutuhan dasar manusia, maka sudah menjadi keharusan
masyarakat mendapatkan pelayanan. Sehingga Masyarakat harus merasa puas dengan
pelayanan yang kita berikan.
5
-Lebih lanjut (Kombes Pol.Risyapudin Nursin.Sh.Msi) menambahkan,pada setiap
samsat di sediakan ruangan khusus untuk orang Manula,cacat dan ibu hamil yang
mengurus pajak kendaraan.
6
-Petugas akan membantu mengurus surat-surat Pengesahan (STNK/BPKB) maupun
daftar kendaraan baru hingga selesai.
7
-Sarana dan prasarana yang ada di Samsat sudah memadai dan para petugas siap
melayani semua wajib Pajak Kendaraan Bermotor maupun SWDKLLJ.
7 Langkah Mudah Mengurus STNK dan BPKB di Samsat
Polda Metro
Banyak yang menggunakan jasa calo atau pihak ketiga
untuk mengurus STNK, BPKB. Padahal sekarang amat mudah untuk mengurusnya
seorang diri. Paling lama, korbankan waktu kamu 1 jam saja.
Begini cara mudahnya proses mengurus STNK atau BPKB,
salah satunya di Samsat Polda Metro. Tinggal datang ke Mapolda Metro Jaya di
Jalan Sudirman, Jakarta. Masuk ke area Mapolda Metro, kemudian silakan bertanya
ke petugas kepolisian gedung Samsat, pasti akan diarahkan.
1 -Di depan Gedung Samsat silakan parkirkan kendaraan
kamu, apakah itu motor atau mobil. Tentunya sebelumnya sudah memegang karcis
parkir di gerbang depan.
2 -Setelah parkir, tinggal lihat gedung yang
berwarna kebiruan dan ada tulisan 'Kantor Bersama Pelayanan Satu Atap Polda Metro
Jaya'. Tinggal melangkahkan kaki ke gedung itu. Dengan proses online, di semua
wilayah Indonesia juga bisa mengurus di sini.
3 -Di depan Gedung Samsat Polda Metro, ada
petugas Provost yang berjaga. Petugas ini memeriksa pengunjung yang membawa
tas, prosedur ini untuk keamanan.
4 -Masuk ke dalam, seorang Polwan menyambut dan
siap memberikan bantuan,Silakan kamu bertanya ke Polwan yang menyambut ini apa
yang kamu perlukan.
5 -Setelah bertemu Polwan yang berjaga kamu pasti
akan diarahkan mengambil nomor antrean. Silakan ambil dengan tertib. Bila masih bingung, dokumen apa yang diperlukan
atau apa saja yang dibawa, bisa ke bagian informasi bertanya dan mengecek
dokumen.
6 -Setelah beres dan yakin silakan duduk manis
dan menunggu nomor dipanggil. Jangan khawatir di Samsat Polda Metro ini ruangan
ber-AC dan toiletnya juga bersih. Yang penting bersabar, hingga antrean
dipanggil untuk menyerahkan dokumen.
7 -Setelah menyerahkan dokumen, kamu menunggu lagi hingga dipanggil untuk
mendapat STNK baru. Jangan lupa uang tunai disiapkan. Dan setelah ini selesai,
tinggal pulang.
Sebagai catatan, di Samsat Polda Metro juga ada
e-Samsat yang proses pembayarannya secara online lewat bank. Kemudian untuk
proses balik nama ada di lantai dua. Semuanya mudah dilakukan karena ada bagian
informasi untuk bertanya.